
Aspek dalam sistem komputer
- Aspek hardware
- Aspek software
- Aspek brainware
Kegiatan memodelkan manusia adalah kegiatan yang cukup sulit
karena manusia menggunakan panca indera
- Mata: benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur
- Telinga: nada, warna nada, pola titik nada, intensitas, frekuensi
- Hidung: membedakan bau
- Lidah: membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin
- Kulit: merasakan tekanan dan suhu
Istilah dalam Penglihatan/Visual
Luminans
- Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek
- Semakin besar luminans sebuah obyek,rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah
Kontras
- Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakang
- Nilai kontras dapat positif atau negatif
- Nilai kontras negatif akan membuat obyek tidak nampak
Kecerahan
- Tanggapan subyektif pada cahaya
- Tidak ada kaitan dengan luminans luminans dan kontras kontras, namun luminans luminans dapat berimplikasi pada kecerahan
Sudut dan ketajaman penglihatan
- Sudut penglihatan (visual angle): sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
- Ketajaman penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat
melihat sebuah obyek dengan jelas
Penggunaan Warna yang Efektif
Aspek psikologis
- Hindarkan penggunaan warna berikut secara bersama-sama seperti cyan, magenta,
dan kuning karena dapat menimbulkan menimbulkan kelelahan kelelahan mata
- Hindarkan warna biru untuk garis tipis, teks dan bentuk kecil, sebab sistem
penglihatan kita tidak disiapkan untuk rangsangan yang tajam, terinci dan bergelombang pendek
- Pertimbangkan warna tajam untuk pengguna usia tua
- Warna akan berubah jika aras cahaya sekeliling berubah dan juga akibat penambahan dan
penurunan kontras
- Perubahan warna yang dapat dideteksi bervariasi untuk warna yang berbeda. Merah dan ungu
sukar dideteksi dibandingkan dengan kuning, hijau atau biru
- Hindarkan warna merah dan hijau dalam skala besar pada tempat berseberangan.
Warna yang cocok adalah biru-kuning
0 komentar:
Posting Komentar